Api-himpsi.org, Yogyakarta - Pengurus Pusat Asosiasi Psikologi Islam (API) memberikan penghargaan kepada Almarhum Dr H Agus Sofyandi Kahfi, MSi, Wakil Ketua Dewan Pertimbangan PP API dan mantan Wakil Rektor Universitas Islam Bandung (Unisba).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Umum PP API Prof Subandi, MA, PhD, Psikolog kepada perwakilan Unisba, yaitu Wakil Dekan Fakultas Psikologi Dra Eni N. Nugrahawati, MPd, Psikolog, dalam Rapat dan Temu Ilmiah API pada The 4th IIUCP (9/9/17), di Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta.

Hadir dalam acara tersebut Sekjen API Dr Siti Urbayatun dan jajaran pengurus pusat API lainnya, Ketua Dewan Pakar API yang juga Dekan Psikologi UIN Jakarta Prof Abdul Mujib, Ketua Dewan Pertimbangan API sekaligus Dekan Fakultas Psikologi UII Dr.rer.nat Arief Fahmi, serta Ketua IIUCP dan Kaprodi Mappro UII Dr Fuad Nashori.

Tampak hadir juga anggota Dewan Pertimbangan API yang juga Dekan Fakultas Psikologi UIN Bandung Dr. Agus Abdul Rahman, MPsi, Psikolog, Dekan Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau Yanwar Arief, M.Psi, Psikolog, dan Dekan Fakultas Psikologi Unissula Semarang Inhastuti Sugiasih, MPsi, Psikolog.

"Penghargaan ini adalah penghargaan pertama yang diberikan oleh API. Pada tahun ini diberikan kepada Dr Agus Sofyandi Kahfi karena dedikasi dan jasanya terhadap pengembangan psikologi Islam," jelas Prof Subandi.

Dr Agus Sofyandi Kahfi adalah penggagas psikologi Islam di Fakultas Psikologi Unisba, Pembina Ikatan Mahasiswa Muslim psikologi (Imamupsi) Unisba, pengagas dan trainer program-program pengembangan kepribadian islami di tingkat universitas, yaitu program P3M (pelatihan, pengenalan dan pengembangan pribadi mukmin, muslim dan muhsin) dan APIQ (Aplikasi Psikologi Islam Qur'ani).

Selain itu, ia juga terlibat aktif sebagai pengurus API di wilayah Jawa Barat dan nasional, menjadi pendakwah dan pembimbing jamaah haji Jawa Barat, serta memiliki sebutan 'kiai psikologi' karena memahami secara mendalam tentang psikologi dan ajaran Islam.

Dekan Fakultas Psikologi Unisba 2006-2008 dan Wakil Rektor III Unisba periode 2008-2012 itu dipandang sebagai sosok teladan, terutama untuk keluarga dan kolega di lingkungan Unisba. Dedikasinya untuk psikologi Islam hingga akhir hayat menjadi pertimbangan PP API untuk memberikan penghargaan tersebut. []

M. Syamsul Arifin Munawwir